Thursday, January 31, 2013

Faktor Penyebab Kegemukan

Jika bicara tentang kegemukan atau obesitas maka sebaiknya kita perlu memahami bahwa kegemukan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Diantara beberapa faktor penyebab kegemukan itu adalah:

  • Faktor Makan Yang Berlebihan
Faktor makan menduduki peringkat pertama dari faktor-faktor yang lainnya. faktor ini bisa mencakup diantaranya disebabkan oleh pola makan yang salah, makan yang terlalu berlebihan melebihi kebutuhan tubuh serta bisa disebabkan oleh salah memilih makanan. cara mengantisipasinya, sebaiknya kita perbaiki pola makan kita, serta hindari makanan yang terlalu berlemak dan segera atur waktu makan kita.

  • Kurang Aktifitas
Bila asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita berlebihan serta tidak diimbangi dengan aktifitas fisik maka inilah yang akan mengakibatkan kegemukan. sebab aktifitas fisik itu sangat di perlukan untuk membakar kalori yang ada didalam tubuh kita. Jadi sebaiknya kita mengatur pola hidup kita dengan memperbanyak aktivitas.

  • Faktor Keturunan
Faktor keturunan juga dapat berpengaruh terhadap terjadinya kegemukan. Ini didasari hasil  penelitian gizi di Amerika Serikat yang melaporkan jika anak-anak yang lahir dari orang tua normal mempunyai 10% peluang menjadi gemuk. Jadi  bayi yang lahir dari orang tua yang obesitas akan menjadi gemuk. sehingga jika sudah gemuk dari bayi, maka ketika dewasa sulit untuk kurus lagi. Ini diakibatkan  pada masa bayinya sudah terbentuk sel yang jumlahnya lebih dari yang biasa.

  • Faktor Hormonal
Hal ini dapat terjadi pada wanita yang mengalami menopause cenderung akan mengalami penurunan fungsi hormon thyroid. Tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan menurunnya fungsi hormon seseorang. Kemampuan untuk menggunakan energi akan berkurang dengan menurunnya fungsi hormon Ini. Penurunan fungsi hormon ini lambat laun akan menyebabkan menurunnya juga sistem metabolisme tubuh sehingga menyebabkan kegemukan.

1 comment:

  1. Gemuk di luar, garing dan lembut di dalam.. wkwkwkkkk...

    ReplyDelete

Contact Admin: kawid.kapan@gmail.com